Jumat, 04 Juli 2008

Pemikiran Politik Islam

Pemikiran Politik Islam
Penulis: Antony Black
Pemikiran politik Islam yang melandasi praktik politik berbagai kelompok Islam dewasa ini takkan mudah ditelusuri dan dipetakan tanpa pengetahuan memadai tentang sejarah pemikiran politik Islam sejak masa paling awal hingga masa modern. Kebanyakan buku sejarah semata-mata mengulas perkembangan kekuasaan politik dari waktu ke waktu, tanpa menoleh pada pemikiran politik yang mendasarinya.
Buku ini menyajikan gambaran yang lengkap tentang sejarah pemikiran politik Islam sejak masa awal (622–661) sampai periode fundamentalisme (1922–2000), serta meliputi sejumlah tema penting, seperti hubungan antara agama dan kekuasaan, fenomena filsafat Arab-Romawi, politik Syiah dan Sufi, dan pengaruh pemikiran politik Barat terhadap pemikiran politik Islam modern. Tak hanya menggambarkan, buku ini pun menafsirkan berbagai fakta sejarah yang mewarnai kehidupan politik umat Islam.
Buku ini sangat kaya, karena meliputi berbagai kajian, seperti agama, hukum, etika, filsafat, dan tata negara. Semua itu disajikan dengan merujuk pada berbagai sumber, baik karya-karya sistematis, tulisan-tulisan yang tercecer, pidato-pidato resmi, maupun slogan-slogan umum. Selain itu, untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai pemikiran politik Islam, penulis membandingkan peta pemikiran politik Islam dengan pemikiran politik Barat, dan melihat sejarah keduanya dengan cara pandang yang baru.

LINK:
Pemikiran Politik Islam
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Gemala Ilmu dan Hikmah Islam

Tidak ada komentar: