Jumat, 04 Juli 2008

MUHAMMAD RASUL ZAMAN KITA

MUHAMMAD RASUL ZAMAN KITA
Penulis: Tariq Ramadan
Biografi Nabi sudah sangat banyak. Lalu mengapa menulis yang lain lagi? Tariq Ramadan punya tujuan berbeda: mendekati kisah hidup Nabi dengan perspektif zaman sekarang. Kala ditanya tentang kepribadian Nabi, Aisyah menjawab, “Akhlaknya adalah Alquran.” Buku ini mengungkap bagaimana seorang manusia yang paling mampu mewujudkan ajaran wahyu dalam seluruh perilakunya ini “berbicara” kepada kita, menuntun kita, dan mendidik kita saat ini.

Kita diajak menyelami jantung kehidupan Nabi dan mengabadi-kan ajaran-ajaran spiritualnya yang tak lapuk tertelan zaman. Sejak kelahiran hingga wafatnya, kehidupan Nabi dipenuhi dengan beragam peristiwa, situasi, dan pernyataan yang mengandung pelajaran spiritual yang paling dalam. Keteguhan iman, dialog dengan Tuhan, mengamati alam, keraguan diri, kedamaian batin, berbagai tanda dan cobaan, dan sebagainya, merupakan tema yang menuturkan sekaligus mengingatkan kita bahwa pada dasarnya tidak ada yang berubah. Biografi Rasul mengungkap beragam persoalan eksistensial mendasar dan abadi.
Kehidupan Rasul dalam buku ini merupakan cermin yang dengannya para pembaca yang sedang menghadapi tantangan zaman mampu menyelami hati dan pikiran mereka sendiri dan memahami berbagai persoalan hidup dan masalah sosial dan moral yang lebih luas.

“Siapa ingin sirah Nabi
lebih berbisik ke hati,
bacalah buku ini.”

Pada tiap bagian bab yang sengaja dibuat pendek, pembaca akan menyaksikan pergerakan yang harmonis antara kehidupan Nabi, Alquran, dan ajaran-ajaran yang bersesuaian dengan nilai-nilai spiritual dan situasi masa kini, yang bisa kita petik dari beragam peristiwa sejarah. Ramadan juga menuntun pembaca dalam bercermin pada kemanusiaan dan keteladanan Nabi mengenai persoalan-persoalan etika, sosial, ataupun pandangan hidup.

LINK:
MUHAMMAD RASUL ZAMAN KITA
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Gemala Ilmu dan Hikmah Islam

Tidak ada komentar: