Jumat, 04 Juli 2008

Asmaul Husna

Asmaul Husna
Penulis: Syekh Tosun Bayrak al-Jerrahi
Sejauh mana kita mengenal Tuhan, Sang-Muara segala ibadah? Bagaimana mungkin kita mendekatkan diri kepada Allah—apalagi mencintai-Nya—tanpa mengenal-Nya?
Buku ini secara gemilang menunjukkan bahwa nama-nama terindah Allah tidak saja menjadi titik masuk (entry point) untuk mengenal Allah, tapi juga untuk menghampirinya-Nya, bahkan untuk meneladani sifat-sifat-Nya (takhalluq bi akhlâq Allâh). Sebab, asmaul husna memang bukan keberadaan-Nya, karena Dia tetap berhakikat tak terperikan. Asmaul husna merupakan pengenalan sifat-sifat-Nya dalam bahasa kemanusiaan. Dan, itu diturunkan agar Dia dijadikan panutan dalam pengembangan potensi-potensi baik dalam diri manusia.

Syekh Tosun hendak meretas rintangan “mereka yang mengetahui Nama, tapi tak mengenal Yang Dinamai”. Padahal, menurutnya, “Siapa mengenal dirinya, berarti ia mengenal Tuhannya.” Lembar demi lembar, kita tak hanya diajak menyelami samudra makna setiap asma, tapi juga merasakan percikan keagungan (jalâl) dan keindahan(jamâl)-nya di dalam diri kita.

Yang unik, di tangan sang guru spiritual ini, nama-nama Allah itu dapat diamalkan untuk transformasi diri dan jiwa. Setiap asma memiliki khasiat tertentu bagi orang yang membacanya dengan formulasi dan hitungan tertentu.


Pujian Pada Buku Ini:

Kendati beragam buku dan risalah-filosofis tentang nama-nama terindah Allah telah banyak ditulis, namun begitu jarang yang menyuguhkan penjelasan ringkas padat makna seperti buku ini. Kandungannya tak saja harus disimak oleh setiap muslim, melainkan juga nonmuslim yang percaya, dan bahkan orang yang tidak percaya. Percayalah, buku ini akan menyalakan cahaya iman dalam hati.
Syed Ali Ashraf, Mantan Direktur Jenderal Akademi Islam Cambridge, 1984.

LINK:
Asmaul Husna
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Gemala Ilmu dan Hikmah Islam

Tidak ada komentar: