Minggu, 20 Januari 2008

Gagalnya Islam Politik

Gagalnya Islam Politik
Penulis: Olivier Roy
Berbeda dengan tradisi orientalisme, buku ini tidak mengupas Islam secara umum dan bukan pula letak politik dalam budaya Islam, melainkan gerakan-gerakan Islam kontemporer (Islamisme)—berbagai kelompok aktivis yang memandang Islam tidak hanya sebagai agama, tapi juga ideologi politik. Apakah Islam politik kontemporer itu menawarkan alternatif bagi masyarakat muslim?
     Roy mengungkap bahwa ia gagal menawarkan model masyarakat yang berbeda maupun masa depan yang lebih cerah. K emenangan politik kaum Islamis di negeri muslim hanya membawa berbagai perubahan superfisial di bidang hukum dan adat-istiadat. Islamisme belakangan berubah menjadi tipe neofundamentalisme yang hanya peduli pada penegakan kembali syariat, tanpa menciptakan bentuk-bentuk politik yang baru 
     Perekonomian Islam yang meraka gagas sekadar retorika belaka, menyelubungi bentuk sosialisme Dunia Ketiga maupun liberalisme ekonomi yang lebih cocok untuk spekulasi ketimbang produksi.
     Akibatnya, realitas sosioekonomis yang menopang gelombang Islamisme masih berjalan di tempat dan tidak kunjung berubah: kemiskinan, alienasi, krisis nilai dan identitas, kemerosotan sistem pendidikan, pertentangan Utara-Selatan, masalah integrasi kaum imigran ke dalam masyarakat pribumi. Kenapa Islamisme tidak berhasil? Baca buku ini!

Pujian Pada Buku Ini:

"Buku ini bacaan penting buat mereka yang ingin memahami evolusi gerakan dan kebangkitan kembali aktivisme religius di akhir abad ke-20. Meskipun ada juga yang membantah keras kesimpulan Roy ini, toh masalah yang ia ungkapkan—mengingat alam gerakan Islamis dan hubungannya dengan institusi dan konsep modern—harus dihadapi oleh semua pemikir serius dalam bidang ini."
##John O. Voll, Middle East Journal
"Disajikan secara persuasif oleh seorang pemikir yang menampilkan pengetahuan menyeluruh tentang masalah ini untuk mempertahankan argumennya. Diterjemahkan dengan cerdas dari Bahasa Perancis (oleh Carol Volk)...ini merupakan karya bermutu—sebuah kontribusi yang fasih terhadap debat penting para ahli yang berpengalaman dalam dunia politik Islam di masa kini."
##Leonardo A. Villalon, American Political Science Review
" Bila Anda harus membaca satu buku tentang Islam Politik, maka Anda harus membaca buku ini. Olivier Roy...telah mencurahkan perhatiannya pada fenomena radikalisme Islam dengan hasil yang luar biasa. Praktis dalam setiap halaman pembaca menemukan sebuah interpretasi atau observasi yang provokatif dan jernih."
##William B. Quandt, Foreign Affairs.
"Kegagalan Politik Islam merupakan dasar sekaligus landasan untuk memahami gelembung politik dalam dunia Arab masa kini. Dengan cara yang sama kita juga belajar bahwa persepsi kita tentang Komunisme sebagai sebuah kekuatan monolitis adalah salah, Olivier Roy membeberkan implikasi politik dari keberagaman dan kelemahan dalam Islam."
##Princeton Borough, Times (London)
"Sebuah perlawanan brilyan terhadap mitos Pan-Islam dan \'fundamentalisme Islam\'—penilaian yang berani, flamboyan, dan menyeluruh...Berpengaruh, dipikirkan masak-masak, dan dibantah dengan keyakinan dan elegansi"
##Fuad Ajami, The John Hopkins University.

LINK:
Gagalnya Islam Politik
Beli Via Toko Buku Serambi Online
Lini: Gemala Ilmu dan Hikmah Islam

Tidak ada komentar: